Jaringan Data Spasial Kehutanan

>>> http://spasial-dephut.co.cc <<<
........Semakin tingginya kebutuhan data spasial untuk mendukung pembangunan kehutanan secara lestari, terutama untuk mendukung perencanaan kehutanan berbasis keruangan telah mendorong pengurusan pengelolaan data dan pengelolaan jaringan data terintegrasi dimaksud dalam suatu unit kerja, yang bertugas mengelola dan menyusun integrasi jaringan dan basis data spasial lingkup Departemen Kehutanan serta mengoptimalkan pemanfaatannya untuk mendukung pembangunan hutan lestari dan pelayanan prima.......

Sistem, Mekanisme, Kelembagaan, Pengiriman, Proses, Prosedur Pemutahiran Data


Sistem Software dan Hardware GIS

Data/peta digital ini diproses dan disimpan dengan menggunakan software Mapinfo dalam berbagai layer, penggunaan software lainnya diperkenankan sejauh bisa dikonversi ke dalam software yang bisa dibaca oleh mapinfo. Penggunaan software ini dalam penyimpanan data tidak dimaksudkan menutup kemungkinan pemakaian software lain, akan tetapi semata-mata memungkinkan efektifitas belaka. Dengan kata lain bahwa masing-masing unit kerja dipersilahkan memilih software yang paling sesuai dengan tugas dan fungsinya, akan tetapi untuk dapat lebih meningkatkan kompatibilitas digunakan ’ Format Exchangenya ’ (format pertukarannya) menggunakan data MIF (file exchange mapinfo).
Perangkat keras sebaiknya digunakan adalah personal konputer (PC) dengan kriteria Pentium, RAM minimal 32 MB, dan kapasitas hard disk minimal 5 GB, Ethernet Card, Monitor VGA, Mouse, serta sistem operation windows 95 atau yang lebih tinggi



Mekanisme Kelembagaan dan Pengiriman Data
Data/Informasi yang akan dikirim dan dikumpulkan adalah data program yang berasal dari seluruh unit kerja di lingkungan departemen yang akan dipaduserasikan kedalam suatu database keterpaduan program. Data tersebut dikirim ke bagian pengelolaan data spasial untuk diolah dan disusun sebagai suatu database peta keterpaduan program.
Proses Pengiriman data dapat dilaksanakan melalui system offline (manual) dan online yaitu melalui jaringan intranet/jaringan LAN, atau dengan menggunakan fasilitas FTP (File Transfer Protokol), serta email (persuratan elektronik).
Komunikasi data online (menggunakan jaringan LAN) antar unit kerja dapat dilakukan oleh pengguna yang memiliki hak akses yang diberikan oleh Pembina SIG Departemen.
Jaringan LAN merupakan jaringan intranet yang terdapat di unit-unit kerja Departemen sebagai wahana komunikasi data internal yang menghubungkan pemakai komputer dengan komputer lain, didalam jaringan lokal di pusat jaringan lainnya yang dihubungkan melalui jaringan LAN (kabel jaringan)
Pengiriman data melalui fasilitas FTP sebaiknya dipadatkan terlebih dahulu (misalnya menggunakan PKZIP), dengan disertai keterangan software yang digunakan dalam memadatkan data/informasi tersebut, sedangkan data /informasi yang dikirm melalui email tidak perlu dipadatkan, kecuali lampiran email yang besar (lebih dari 2 MB) dikirim dengan kondisi yang dipadatkan.

Proses dan Prosedur Pemutakhiran Data
Data program yang akan dimasukkan ke dalam system database keterpaduan, sebelumnya terlebih dahulu dilakukan pemilahan/pengklasifikasian data kemudian dikelompokkan berdasar pembangunan wilayah, issue strategis, desentralisasi, dan manajemen pembangunan serta disusun berdasar wilayah dan kawasan priorotas.. Untuk menjaga kompetabilitas data tersebut disarankan untuk dibuat dalam format microsoft excel.
Didalam pelaksanaan updating/pemutahiran data dan editing/koreksi data untuk mengetahui apakah ada kesalahan data, maka perlu dikirimkan hardcopy/softcopy dari database keterpaduan tersebut ke masing-masing unit kerja, baik secara offline (melalui pengiriman hardcopy atau disket), maupun online (melalui jaringan intranet/LAN atau internet/email serta FTP) untuk dilakukan koreksi dan updating/pemutahiran data.
Setelah selesai updating/pemutahiran data selesai data dan pengkoreksian data oleh masing-masing unit kerja, kemudian data tersebut dikirim kembali kepada bagian pengelola database keterpaduan program, untuk selanjutnya diproses (sinkronisasi database/digabungkan dengan fdata digital spasial) yaitu data kawasan priorotas dan peta dasar tematik lainnya, yang kemudian ditampilkan menjadi peta digital keterpaduan.

Mekanisme Pengiriman data, proses, dan prosedur pemutahiran
1. Mulai, Hidupkan komputer
2. Memilih cara updating/editing data
3. a. Melalui Jaringan LAN
Buka windows explorer, klik kanan pada network, klik find komputer, tulis nama
komputer pd2t, klik find now, langkah 4
b. Dengan Software FTP
Buka cute FTP, Masukkan user ID dan Password, langkah 4
4. Pilihkan untuk masuk direktori keterpaduan program di server (database)
5. Copy file berisi data yang akan diupdate/diedit (database)
6. Letakkan file data pada salah satu directory di computer local (database)
7. Editing dan updating/koreksi data pada file, file terkoreksi disimpan dengan nama
samaditambah kor_ didepan dan inisial penngoreksi dibelakang. Contoh : FileTruang.xls
terkoreksi oleh agus, disimpan dengan nama Kor_Truang_agus.xls (Proses)
8. Kirim file terkoreksi ke direktori lainnya di server yaitu direktori
Kor_Keterpaduan_Program (Proses)
9. Selesai

0 comments:

One Man One Tree
AYO MENANAM SEKARANG JUGA!!

SK Dirjen Baplan Tentang Tim JDSK

Unlimited Free Image and File Hosting at MediaFire Unlimited Free Image and File Hosting at MediaFire Unlimited Free Image and File Hosting at MediaFire

Tim Pengelola JDSK

Unlimited Free Image and File Hosting at MediaFire Unlimited Free Image and File Hosting at MediaFire Unlimited Free Image and File Hosting at MediaFire Unlimited Free Image and File Hosting at MediaFire Unlimited Free Image and File Hosting at MediaFire

Kritik dan Saran

Bapak dan Ibu Rimbawan yang Budiman

Teriring doa keberhasilan menyertai keluarga bapak-bapak dan ibu-ibu semua, Semoga apa yang menjadi keinginannya dapat diridoi oleh Allah yang Maha Pemberi. Artikel Penulisan, Masukan dan Saran terkait Bidang Tugas Sub Direktorat Jaringan Data Spasial Kehutanan atau Permasalahan Tim Pengelolaan Jaringan Data Spasial Kehutanan yang ada dapat dilakukan Lewat Fasilitas Buku Tamu atau lewat email : spasialdephut@gmail.com , dan tentunya akan kami terima dengan senang hati. Terimakasih.


Bravo Rimbawan,
Tim Pengelola Jaringan
Data Spasial Kehutanan



Green

Kantor

Kantor

Alamat Kantor

Direktorat Inventarisasi dan Pemantauan Sumber Daya Hutan
Gedung Manggala Wanabhakti Blok I / Lantai 7 Jl. Gatot Subroto, Jakarta.
Telp. 021-5730293

O B I T

Link Balai Pemantapan Kawasan Hutan

Harapan Ke Depan


......Tumbuh......Tumbuh....dan.....Terus Tumbuh......

Banner JDSK

Banner JDSK

Jargon

Jargon

Kerjasama, Kekompakan, Strategi dan Stamina Merupakan Kunci Sukses Tim


| @2009 Microsoft | Privacy | Webmaster | Developers | Help |

  © Blogger templates Newspaper II by Ourblog 2008

Back to TOP