Jaringan Data Spasial Kehutanan

>>> http://spasial-dephut.co.cc <<<
........Semakin tingginya kebutuhan data spasial untuk mendukung pembangunan kehutanan secara lestari, terutama untuk mendukung perencanaan kehutanan berbasis keruangan telah mendorong pengurusan pengelolaan data dan pengelolaan jaringan data terintegrasi dimaksud dalam suatu unit kerja, yang bertugas mengelola dan menyusun integrasi jaringan dan basis data spasial lingkup Departemen Kehutanan serta mengoptimalkan pemanfaatannya untuk mendukung pembangunan hutan lestari dan pelayanan prima.......

Organisasi, Manfaat, Permasalahan, dan Harapan


Organisasi Jaringan Data Spasial :

Subbdirektorat Jaringan Data Spasial mempunyai tugas melaksanakan penyiapan penyusunan, bimbingan teknis dan pengendalian teknis atas pelaksanaan norma, standar, prosedur dan kriteria di bidang jaringan data spasial kehutanan.

Fungsi Subdirektorat Jaringan Data Spasial :
a.Penyiapan penyusunan norma, standar, prosedur dan kriteria di bidang jaringan data spasial kehutanan.
b.Penyiapan bimbingan teknis atas pelaksanaan norma, standar, prosedur dan kriteria di bidang jaringan data spasial kehutanan.
c.Penyiapan pengendalian teknis atas pelaksanaan norma, standar, prosedur dan kriteria di bidang jaringan data spasial kehutanan





1.Seksi pengelolaan basis data spasial :
Seksi pengelolaan basis data spasial mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan penyusunan, bimbingan teknis, dan pengendalian teknis atas pelaksanaan norma, standar, prosedur dan kriteria, standarisasi di bidang pembangunan basis dan aliran data spasial kehutanan.

2.Seksi pengelolaan jaringan data spasial :
Seksi pengelolaan jaringan data spasial mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan penyusunan, bimbingan teknis, dan pengendalian teknis atas pelaksanaan norma, standar, prosedur dan kriteria, standarisasi di bidang pengelolaan data spasial kehutanan berbasis GIS dan jaringan, mengembangkan kemampuan jaringan dalam mendukung akses basis data secara lebih meluas, mengatur keamanan akses dalam rangka pembangunan basis data spasial, monitoring dan evaluasi kemampuan jaringan sesuai kebutuhan dan teknologi dan melaksanakan fungsi sebagai unit kliring data spasial kehutanan.


Manfaaat Web SIG
Dengan menggunakan teknologi informasi yang telah berkembang dengan pesat, sebagian data dan informasi spasial diperlukan dalam perencanaan tata ruang dapat dibangun dalam sebuah sistem informasi yang berbasis pada koordinat geografis yang lebih dikenal dengan sebutan sistem informasi geografis, dalam SIG dimungkinkan penggabungan berbagai basis data dan informasi yang dikumpulkan melalui peta, citra satelit, maupun survei lapangan yang kemudian dituangkan dalam layer-layer peta. Sistem informasi yang meng-overlay-kan beberapa layer tematik diatas peta dasar sungguh membantu beberapa proses analisa wilayah dan pemahaman kondisi wilayah bagi para perencana, serta dapat menghemat waktu karena sebagaian proses dilakukan oleh piranti lunak, sehingga dengan SIG proses perencanaan tata ruang dapat lebih efisien dan efektif.

SIG telah dikembangkan oleh banyak organisasi, namun seringkali dalam format dan standar yang berbeda atau tidak dalam format yang baku. Untuk itu diperlukan piranti lunak yang berkemampuan untuk mendukung penyelenggaraan pertukaran data dan informasi antar organisasi, seperti piranti lunak interoperability. Piranti lunak ini memudahkan proses data sharing, sehingga akan terwujud pemanfaatan data yang lebih efisien dan efektif.

Teknologi web juga berkembang sudah menggabungkan diri dengan dengan teknologi SIG yang dikenal dengan web SIG. Teknologi web memanfaatkan jaringan internet untuk solusi keterbatasan akses terhadap data dan informasi spasial yang selama ini dihadapi para perencana, sehingga mendorong data sharing lintas organisasi dengan catatan hanya informasi yang dibuka (sharing) yang dapat diakses melalui website.
Guna mewujudkan konsesus pemanfaatan data secara bersama (data sharing) antara masing-masing anggota simpul jaringan diperlukan grant interroperabilty yang berupa software geomedia web map dari Integraph.

Permasalahan dan Kendala Web SIG
Berbagai permasalahan dan kendala dihadapi dalam pengembangan web SIG penataan ruang diantaranya adalah :
1.Ketersediaaan peta dasar yang berkualitas dan mempunyai standar yang sama sangat terbatas
Perlunya disepakati peta dasar berbagai skala yang diacu oleh setiap anggota simpul Jaringan dan Instansi yang berwenang mengeluarkan peta dasar tersebut
2.Infrastruktur pertukaran data spasial memerlukan infrqastruktur yang memadai , integrasi seluruh wilayah sangat mahal dan lambat yang berakibat web SIG di organisasi cenderung statis dan kurang dinamis, interaksi pengelola tidak berjalan semestinya, minim koreksi dan update, tidak sesuai dengan perkembangan yang ada.
3.Keterbatasan sumberdaya manusia (pengelola data, perlunya dukungan komitmen berbagai pihak terkait dengan penyediaan, pengelolaan, pendistrubusian, pelaksanaan data sharing untuk menangani sistem (web administrator dan database administrator) dalam rangka implementasi JSDN
4.Kejelasan Mekanisme data sharing dan dibakukan agar pertukaran data dapat berlangsung sesuai ’kode etik’ yang berlaku. Panduan kerja yang baku dalam menyediakan, mengelola, mendistribusikan dan menyebarluaskan data spasial dalam suatu organisasi

Harapan Web SIG kedepan
Harapan kedepan , pengembangan SIG haruslah lebih diintensifkan agar terjalin koordinasi lintas organisasi yang efektif, efisien sehingga dapat mendukung pembangunan nasional secara terintegrasi :
1.Perlunya adanya dasar hukum yang mengatur mekanisme dan prosedur kerja yang dapat diacu bersama. Dengan adanya kepastian hukum diharapkan upaya penyediaan, pengelolaan pendistribusian dan penyebarluasan serta data sharing dapat berjalan dengan dilandasi oleh kekuatan hukum, termasuk pembakuan kelembagaan dan tata kerja pengembangan dan pengelolaan data spasial.
2.Perlu dilakukan standarisasi data spasial yang selanjutnya menjadi acuan seluruh pihak yang terkait untuk meminimalkan kendala-kendala dalam data sharing.
3.Perlu dilakukan percepatan penyediaan penyediaan peta dasar dengan ketelitian yang memadai (skala 1:25.000) untuk seluruh wilayah yang sangat diperlukan dalam perencanaan pembangunan
4.Perlu dikembangkan sumberdaya manusia yang handal dalam penyediaan, pengelolaan, pendistribusian, pelaksanaan data sharing dan penguasaan teknologi.
5.Perlu optimalisasi dalam implementasi perangkat lunak yang interoperabilitas dalam rangka data sharing, untuk Web SIG harus terus dikembangkan khususnya dalam pengembangan elemen sistemnya seperti infrastruktur, data, kelembagaan dan SDMnya.


0 comments:

One Man One Tree
AYO MENANAM SEKARANG JUGA!!

SK Dirjen Baplan Tentang Tim JDSK

Unlimited Free Image and File Hosting at MediaFire Unlimited Free Image and File Hosting at MediaFire Unlimited Free Image and File Hosting at MediaFire

Tim Pengelola JDSK

Unlimited Free Image and File Hosting at MediaFire Unlimited Free Image and File Hosting at MediaFire Unlimited Free Image and File Hosting at MediaFire Unlimited Free Image and File Hosting at MediaFire Unlimited Free Image and File Hosting at MediaFire

Kritik dan Saran

Bapak dan Ibu Rimbawan yang Budiman

Teriring doa keberhasilan menyertai keluarga bapak-bapak dan ibu-ibu semua, Semoga apa yang menjadi keinginannya dapat diridoi oleh Allah yang Maha Pemberi. Artikel Penulisan, Masukan dan Saran terkait Bidang Tugas Sub Direktorat Jaringan Data Spasial Kehutanan atau Permasalahan Tim Pengelolaan Jaringan Data Spasial Kehutanan yang ada dapat dilakukan Lewat Fasilitas Buku Tamu atau lewat email : spasialdephut@gmail.com , dan tentunya akan kami terima dengan senang hati. Terimakasih.


Bravo Rimbawan,
Tim Pengelola Jaringan
Data Spasial Kehutanan



Green

Kantor

Kantor

Alamat Kantor

Direktorat Inventarisasi dan Pemantauan Sumber Daya Hutan
Gedung Manggala Wanabhakti Blok I / Lantai 7 Jl. Gatot Subroto, Jakarta.
Telp. 021-5730293

O B I T

Link Balai Pemantapan Kawasan Hutan

Harapan Ke Depan


......Tumbuh......Tumbuh....dan.....Terus Tumbuh......

Banner JDSK

Banner JDSK

Jargon

Jargon

Kerjasama, Kekompakan, Strategi dan Stamina Merupakan Kunci Sukses Tim


| @2009 Microsoft | Privacy | Webmaster | Developers | Help |

  © Blogger templates Newspaper II by Ourblog 2008

Back to TOP